/ Karier / 10 Tips Sukses Kuliah

10 Tips Sukses Kuliah

Maba-S1-2011

Hotabis.com – Awal September, sebagian besar kampus di Tanah Air akan memulai kembali perkuliahan. Tentu saja, kampus-kampus tersebut juga bersiap menyambut para mahasiswa baru.

Sebagai mahasiswa baru, tentu saja kita akan mengalami kesulitan beradaptasi, baik dengan lingkungan kampus, sistem perkuliahan, metode belajar, hingga urusan mencari teman baru. Supaya enggak bingung, ikuti aja sepuluh langkah ini.

1. Susun jadwal kuliah dengan baik. Pastikan jadwal kuliah kita enggak terlalu mepet atau bentrok satu sama lain. Jadwal kuliah yang baik adalah yang dapat memberikan kita sedikit jeda untuk beristirahat.

2. Hari pertama kuliah. Jangan malas mencatat meski di hari pertama kuliah dan informasi yang disampaikan dosen sudah kita ketahui.

3. Buat jadwal belajar. Untuk satu jam mata kuliah, kita butuh setidaknya dua jam belajar di luar kelas. Pelajari satu mata kuliah di jam yang sama setiap harinya. Tidak hanya mengerjakan tugas, tetapi juga pelajari kembali catatan di kelas dan pastikan kita memahami materi kuliah hari ini. Jangan lupa pelajari juga silabus perkuliahan sehingga kita dapat mempersiapkan diri untuk materi kuliah berikutnya.

4. Tempat belajar. Ruang belajar sebaiknya dilengkapi meja belajar, kursi yang nyaman, alat tulis, dsb. Satu hal penting, ruang belajar harus bebas dari gangguan. Jika memungkinkan, ruang belajar bukanlah ruang tempat kita beraktivitas, melainkan khusus untuk belajar.

5. Belajar di siang hari. Sebisa mungkin, manfaatkan siang hari sebagai waktu belajar. Jika kita butuh satu jam untuk mempelajari satu materi di siang hari, maka kita akan butuh 1,5 jam jika melakukannya di malam hari. Demikian seperti dikutip dari laman Middle Tennessee State University, Senin (12/8/2013).

6. Jadwalkan istirahat. Untuk setiap satu jam, ambillah 10 menit sebagai waktu istirahat. Hindari belajar secara terus menerus dalam waktu yang lama. Sebarkan beberapa sesi waktu belajar sepanjang hari.

7. Manfaatkan fasilitas kampus. Cari tahu bagaimana caranya memakai laboratorium atau mencari literatur, video dan sumber informasi lain di perpustakaan. Coba juga untuk mengenal dekat dosen sehingga kita tidak canggung untuk bertanya.

8. Kelompok belajar. Cari dua hingga tiga teman di kelas yang mau diajak belajar bersama. Penelitian menunjukkan, mahasiswa yang belajar bersama secara rutin akan mendapat nilai lebih bagus. Bisa jadi kita lebih termotivasi belajar dan memahami suatu konsep ketika mengajarkan atau mendiskusikannya dengan teman. Tetapi, ingatlah untuk tetap fokus dan tidak kebanyakan ngobrol.

9. Pelajari materi yang sulit lebih dulu. Ketika otak dan tubuh masih segar, pelajarilah materi pelajaran yang lebih sulit terlebvih dahulu. Menundanya dan mempelajarinya ketika kita lelah hanya akan membuat materi tersebut makin sulit dipahami.

10. Jangan memaksakan diri. Belajar berjam-jam tanpa memperhatikan waktu istirahat dan tidur atau tidak makan hanyalah kesia-siaan. Jauhi junk food dan kafein sebelum atau sesudah belajar.

Cari Hosting Free Domain?
Hosting 100Mb Free Domain cuma 160rb/Thn, Technical Support Handal, Akses Server Cepat, Kualitas Hardware Terbaik

Dedicated Server USA Murah
Intel Quad Core Xeon E3-1240v2, 3.4 GHz RAM 32GB HDD 1 TB Rp.2.500.000/bulan Server Terbatas Buruan Order!!!

Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Teks Murah disini cuma Rp.50.000/ bulan

Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Teks Murah disini cuma Rp.50.000/ bulan


0 POST COMMENT

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Rekomendasi Untuk Andaclose